Jumat, 04 Februari 2011

4 Faktor Keberhasilan Dalam Mengajar

Setiap kita membutuhkan ilmu dan cara mendapatkan ilmu salah satunya adalah dengan belajar, dan tentu pula ada orang yang mengajar. Dalam hal ini saya sedikit akan menjabarkan sesuatu hal yang berhubungan dengan proses belajar dan mengajar.

Ada 4 hal yang perlu kita perhatikan dan dapat dikatakan menjadi faktor penentu dan kesuksesan mengajar, faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

1. Faktor Manusia (dalam hal ini adalah GURU)

Guru merupakan salah satu penentu sukseknya proses belajar dan mengajar, dengan didikasi yang tinggi dan semangat mengajar yang tidak mengenal putus asa, insya Allah akan menghasilkan murid-murid yang pandai, cerdas dan berkualitas.

2. Faktor Material (dalam hal ini adalah MURID)

Murid ibarat sebuah bahan atau barang yang akan diproses kalu diibartakan proses produksi, jika kualitas bahannya bagus, maka hasilnya pun akan bagus dan sebaliknya.

3. Faktor Metode atau Cara Mengajar

Metode atau cara mengajar pun turut menentukan pula hasil dari proses belajar dan mengajar, apakah efektif atau tidak, apakah cara atau metode yang diterapkan bisa diterima baik atau tidak oleh murid. 

4. Faktor Mesin (dalam hal ini adalah ALAT / TOOL.SARANA)

Terakhir proses belajar dan mengajar pun diterntukan pula oleh sarana dan prasarana, bila sarananya baik dan lengkap, insya Allah pelajaran akan lebih mudah diterima oleh murid.

Wallahua'alam bisshowab. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar